Rabu, 09 Agustus 2023

Badik Dan Rencong Merupakan Contoh Senjata Tradisional Yang Berasal Dari

Understanding by Design (UbD) adalah suatu pendekatan dalam perencanaan pembelajaran yang dikembangkan oleh Jay McTighe dan Grant Wiggins. Pendekatan ini menekankan pemahaman mendalam sebagai tujuan utama dalam proses pembelajaran. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana saya memaknai istilah Understanding by Design.

Understanding by Design berfokus pada desain pembelajaran yang berpusat pada pemahaman. Pendekatan ini menggeser fokus dari sekadar mengejar pengetahuan dan informasi menjadi memahami konsep dan makna di baliknya. Saya memaknai UbD sebagai pendekatan yang berpusat pada kemampuan siswa untuk mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam konteks yang berarti.

Salah satu elemen penting dalam Understanding by Design adalah ‘backward design’ atau perencanaan mundur. Ini berarti desain pembelajaran dimulai dengan tujuan akhir yang ingin dicapai, dan kemudian merancang pengalaman pembelajaran yang akan memungkinkan siswa mencapai pemahaman tersebut. Pendekatan ini melibatkan tiga tahap utama: mengidentifikasi hasil pembelajaran yang diinginkan, merancang pengalaman pembelajaran yang mendukung pencapaian tersebut, dan mengembangkan penilaian yang sesuai untuk mengukur pemahaman siswa.

Saya melihat UbD sebagai kerangka yang memungkinkan pendidik untuk merancang pembelajaran yang bermakna dan berarti bagi siswa. Pendekatan ini membantu mendapatkan hasil yang diinginkan dengan jelas, sehingga pendidik dapat memfokuskan upaya mereka dalam membantu siswa mencapai pemahaman yang mendalam tentang konsep yang dipelajari. Dengan memahami konsep secara menyeluruh, siswa akan dapat menerapkan pengetahuan mereka dalam situasi nyata dan membangun koneksi yang kuat antara konsep-konsep yang dipelajari.

Understanding by Design juga menekankan pentingnya pengajaran yang terkait dengan kehidupan nyata. Pembelajaran yang bermakna memungkinkan siswa melihat relevansi dan aplikasi dari apa yang mereka pelajari dalam konteks sehari-hari mereka. Hal ini membantu siswa mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam dan memotivasi mereka untuk belajar.

Dalam memaknai Understanding by Design, saya melihat pendekatan ini sebagai alat yang kuat untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih berarti dan efektif. Dengan merancang pembelajaran yang berpusat pada pemahaman, siswa dapat mengembangkan keterampilan kritis, pemecahan masalah, dan penerapan pengetahuan dalam kehidupan mereka. Pendekatan ini juga mendorong siswa untuk menjadi pembelajar yang aktif dan berperan serta dalam proses pembelajaran.

Understanding by Design adalah pendekatan perencanaan pembelajaran yang berfokus pada pemahaman mendalam sebagai tujuan utama. Melalui perencanaan mundur, pengajaran yang terkait dengan kehidupan nyata, dan pembelajaran yang bermakna, UbD membantu menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih kaya dan signifikan bagi siswa. Dengan menggunakan pendekatan ini, pendidik dapat membantu siswa mencapai pemahaman yang mendalam dan relevan dalam konsep yang mereka pelajari.